Cara Defrag Windows untuk Menjaga Performa dan Kinerja Komputer

"Cara Defrag Windows untuk Menjaga Performa dan Kinerja Komputer"

8 min read

Setiap PC Windows 11 membutuhkan drive untuk ditingkatkan. Memiliki drive yang dioptimalkan penting karena membuat PC Anda berjalan dengan lancar dan terkadang membuat sistem Anda berjalan seperti baru.


Defrag biasanya dilakukan pada drive HDD karena bagian mekanis yang bergerak, sedangkan SSD tidak memerlukannya. Bagian terbaik tentang mendeklarasikan drive? Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Sebelum kita mulai berbicara tentang metode pembongkaran yang berbeda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Drive optik dan drive yang terhubung melalui jaringan tidak dapat dipecah dan tidak ada data Anda yang hilang atau terhapus selama waktu henti. Simak langkah-langkah cara jailbreak Windows 11.

Cara mendefrag drive Windows 11


Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mendefrag file di hard drive Anda. Kedua cara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tools yang ada di Windows 11.


Pengguna Windows 11 yang penasaran dengan cara hack tanpa aplikasi tambahan apa pun dapat memeriksa informasinya sebagai berikut.

Menggunakan defragmentasi disk


Copot pemasangan Windows 11

Metode pertama adalah menggunakan aplikasi defrag bawaan di OS Windows 11. Ini adalah alat sederhana namun berguna yang dapat digunakan untuk mendefrag file di hard drive sistem Anda.


  1. Buka menu Mulai dan ketik Defrag .
  2. Tekan enter ketika Anda mendapatkan hasil aplikasi.
  3. Anda akan melihat daftar hard drive yang terhubung di jendela aplikasi.
  4. Pilih hard drive dan kemudian klik Menganalisa.
  5. Hard drive sekarang akan dianalisis. Proses ini memakan waktu kurang dari satu menit.
  6. Setelah ini selesai, drive sekarang akan memulai proses partisi. Tergantung pada kapasitas penyimpanan hard drive, partisi ini mungkin memakan waktu beberapa jam.
  7. Defragmentasi disk biasanya dilakukan secara otomatis. Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mengklik tombol Ubah Pengaturan.
  8. Dan begitulah cara mendefrag file Anda dengan Defragmenter bawaan Windows 11.

Di Command Prompt


Uninstall Windows 11 melalui Command Prompt

Command Prompt adalah cara yang bagus untuk melakukan banyak tugas dengan beberapa baris perintah yang dapat dijalankan secara langsung tanpa harus membuka aplikasi khusus untuk tugas tertentu. Berikut cara mendefrag file menggunakan Command Prompt.


  1. tekan tombolnya Jendela dan huruf X di desktop.
  2. Pilih opsi Terminal Windows (Admin) dari menu konteks. Anda dapat membuka Windows PowerShell untuk mendefrag drive Anda.
  3. Cukup ketik untuk mulai menguraikan file Anda Defrag / C . Ini akan menjalankan proses menghapus hard drive Anda.
  4. Untuk menganalisis drive, cukup ketik defrag(nama drive) /A. Ini akan menunjukkan kepada Anda detail seperti total ruang penyimpanan drive dan ruang yang tersedia di drive.

Anda bahkan dapat menggunakan perintah berikut saat mempartisi drive.


  • Defrag/v Ini akan memberi Anda detail cheat
  • Defrag / x Kosongkan ruang di drive Anda
  • Defrag / detik Proses pembongkaran dimulai dengan proses prioritas biasa
  • untuk menghancurkan /t Ikuti proses pembongkaran yang sedang berlangsung
  • Defrag / E Lepas semua drive kecuali drive yang ditentukan
  • Defrag / m Hancurkan semua drive

Kesimpulan

Jadi itu saja. Dua cara untuk me-root Windows 11. Apakah perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendefrag file? tidak dibutuhkan. Alat defrag di Windows 11 sudah cukup untuk mendefrag drive dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak ruang kosong dengan mudah tanpa kerumitan atau khawatir.

Faktanya, seseorang tidak boleh menggunakan alat pihak ketiga yang dapat mengklaim merusak file Anda dengan cepat karena melibatkan hard drive Anda, jadi berhati-hatilah dan pastikan bahwa data tidak dihapus oleh aplikasi pihak ketiga tersebut.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share