√ Cara Membersihkan Cache di Windows 10 agar Komputer Ringan dan Cepat

"√ Cara Membersihkan Cache di Windows 10 agar Komputer Ringan dan Cepat"

11 min read

Hapus Cache Windows
Cache adalah memori kecil yang bersifat sementara (sementara). Meskipun ukuran file sangat kecil, kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi perangkat keras, istilah ini umumnya mengacu pada memori berkecepatan tinggi yang menghubungkan aliran data antara prosesor dan memori utama (RAM) yang umumnya memiliki kecepatan yang jauh lebih rendah.

Penggunaan cache ditakdirkan untuk meminimalkan penampilan kemacetan dalam aliran data antara prosesor dan RAM. Sementara dalam terminologi perangkat lunak, istilah ini mengacu pada tempat penyimpanan sementara untuk beberapa file yang sering diakses (umumnya diterapkan dalam jaringan). Cache biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti cache L1, cache L2 dan cache L3.

Semua orang ingin memiliki PC atau laptop yang bekerja dengan cepat tanpa penundaan dan gangguan lainnya. Anda dapat menghapus penyimpanan dengan menghapus program dan file yang tidak digunakan, tetapi juga dapat menghapus file cache.

File cache tidak lain adalah aplikasi, kecuali data yang tersimpan di sistem, ketika pengguna membuka kembali untuk mempercepat proses instalasi.

Selain itu, cache dapat menyebabkan banyak masalah dan kesalahan lain di Windows dan beberapa program mungkin kehilangan kinerjanya seiring waktu.

Membersihkan cache secara teratur akan membantu Windows berjalan lebih cepat dan mengosongkan ruang penyimpanan di hard drive Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan cache pada perangkat Windows Anda karena ini adalah cara yang mudah dan sebaiknya dilakukan secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali. Ikuti langkah-langkah ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghapus cache pada PC Windows.

Fungsi Cache

Cache berfungsi untuk mempercepat akses ke data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah diakses oleh buffer, sehingga menghilangkan prosesor kerja. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi cache memori, yaitu:

  1. Mempercepat akses ke komputer Meredakan pekerjaan prosesor Menjembatani perbedaan kecepatan antara CPU dan memori utama Mempercepat kinerja memori

Alasan Menghapus Cache di Windows

Meskipun banyak bermanfaat dari cache juga memiliki beberapa kekurangan, inilah alasa kita perlu membersihkan cache di windows/komputer kita:

  1. Untuk melindungi privasi dan Cache bisa Habiskan penyimpanan
  2. Bisa membuat Aplikasi Error
  3. Menghambat akses ke pembaruan terbaru

Cara menghapus cache di Windows

Menghapus file cache di PC Windows sangat mudah dan tidak menghapus data penting yang tersimpan di PC Anda. Ada beberapa cara untuk menghapus cache di Windows.

Semua metode ini sederhana dan tidak memakan waktu lebih dari dua menit. Berikut panduan tentang cara menghapus cache pada PC Windows 11.

Bersihkan cache melalui Disk Cleanup

Bersihkan cache melalui Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah alat bawaan Windows untuk menghapus file dan cache sementara dari drive penyimpanan. Dengan cara ini Anda tidak perlu menginstal pembersih cache sistem pihak ketiga.

  1. Buka menunya dulu Start Kemudian ketik Disk Cleanup.

  2. Kemudian klik Disk Cleanup.

  3. Ketika jendela Disk Cleanup terbuka, klik tombol Cleanup System Files.

  4. Tunggu beberapa saat alat ini mencari file dan folder.

  5. Ini kemudian menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan setiap aplikasi.

  6. Anda dapat memilih semua atau salah satu dari mereka sesuai keinginan.

  7. Selain itu, Anda dapat memilih DirectX Shader Cache, detail paket driver, file sementara, dan thumbnail.

  8. Setelah Anda memilih yang ingin Anda hapus, cukup klik tombol OK.

Proses pembersihan akan segera dimulai dan kemudian menghapus file cache dari PC Windows 11 Anda.

Membersihkan Temporary Files

Hapus file sementara

  1. Buka programnya Run Dengan menekan Windows + R secara bersamaan.

  2. Di kotak dialog, ketik %Temp% Dan tekan Enter.

  3. Anda akan diarahkan ke folder yang berisi daftar file dan folder dari beberapa aplikasi di Windows.

  4. Cukup tekan tombol untuk menghapus file Control (CTRL) dan A Untuk memilih semua isi folder.

  5. Sekarang, tekan tombol Menghapus Di papan ketik. Pilih Jika Anda yakin sistem akan menanyakan apakah Anda ingin menghapus konten Ya.

Dengan cara ini, cache pada folder %Temp% ini akan terhapus. Ulangi proses ini dengan memasukkan %Temp% di kotak Jalankan Temp. Jadi ada tiga folder tempat file cache bisa dihapus.

Hapus Cache Dari Riwayat Lokasi

Hapus cache lokal

Beberapa aplikasi yang memerlukan akses lokasi mungkin menyimpan sangat sedikit data lokasi di sistem karena berbagai alasan saat diotorisasi. Terkadang ini bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan atau kesalahan terkait lokasi dan di sinilah cache perlu dibersihkan. Anda dapat melakukannya di sini.

  1. buka Start Menu Dan pilih Settings.

  2. Di sebelah kiri, gulir dan pilih opsi Privacy and Security.

  3. Pencarian selanjutnya dan pilih Location.

  4. Sekarang gulir ke bawah sedikit sampai Anda menemukannya Location History..

  5. Klik tombol Clear.

Dan setelah itu, semua data lokasi yang tersimpan di sistem akan terhapus. Setelah semua riwayat lokasi dihapus, tidak akan ada akses ke halaman web.

Bersihkan cache Windows

Windows Store adalah tempat yang tepat untuk menemukan aplikasi, game, wallpaper, dan font. Nah, ada kalanya penyimpanan Windows 11 mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Ini harus disesuaikan dengan benar saat mengosongkan cache. Untuk melakukan ini, buka tombol dialog Run as Windows + R. Ketik sekarang WSReset.exe Dan tekan Enter.

Sebuah jendela hitam akan muncul dan jelas. Cache penyimpanan Windows telah dihapus dan penyimpanan akan berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Microsoft telah melakukan banyak penyederhanaan pada Windows 11 dan akan lebih cepat tanpa harus menginstal aplikasi atau program pihak ketiga untuk menyelesaikan beberapa tugas.

Sekarang, jika Anda ingin menghapus cache aplikasi tertentu, buka pengaturan aplikasi tertentu dan hapus cache dari sana. Kami harap metode ini membantu menghapus file cache Windows 11.

Ini hanya beberapa cara gratis yang dapat Anda gunakan untuk menghapus file cache pada PC Windows 11 Anda. Jika masih ada pertanyaan, silahkan berkomentar di kotak yang tersedia. Bagikan juga artikel ini ke teman-teman Anda.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share