Cara Mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di Windows Chipset AMD dan Intel

"Cara Mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di Windows Chipset AMD dan Intel"

21 min read

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di Windows Chipset AMD dan Intel
Pengguna PC dan laptop Windows dapat dengan mudah melakukan ini di Setup Pengaturan dan di Menu BIOS. Untuk mempelajari cara mengaktifkan VT (Virtualization Technology). Silakan baca artikel ini dengan seksama.

Prosesor Unggulan Intel VT-x atau AMD-V memungkinkan Anda menjalankan mesin virtual, VMware, Hyper-V, emulator Android, dan aplikasi mesin virtual lainnya di PC Windows Anda.

Secara default fitur ini tidak diaktifkan. Untuk itu, disini EduTekPedia.com menjelaskan secara detail cara mengaktifkan Virtualization atau Vitin di Windows menggunakan chipset Intel atau AMD.

Cara memverifikasi VT (Teknologi Virtualisasi) di Windows

Intel VT-x dan AMD-V didukung oleh prosesor Intel dan AMD. Namun, tidak semua prosesor adalah Intel VT-x dan AMD-V. Jadi, jika Anda berencana untuk menjalankan beberapa jenis emulator Android, silakan lihat daftar kompiler jika mendukung Virtualisasi. Bagi pengguna yang penasaran apakah fitur VT aktif, lihat di bawah.

Pengguna Windows 11 / 10 / 8

Jika PC Anda menjalankan sistem operasi Windows 11, Windows 10 atau Windows 8, sangat mudah untuk mengetahui apakah itu bekerja secara virtual atau tidak.

Untuk melakukan ini, tekan tombol secara bersamaan jendela Windows + Tombol R. Di papan ketik keyboard. Kemudian ketik tskmgr Dan kemudian tekan Enter. Nanti Task Manager Terbuka, silakan buka tab Performance dan kemudian periksa bagian CPU.

Periksa VT di Windows 10

Anda akan melihat virtual Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Jika ditulis Enable Ini berarti CPU Anda mendukung VT dan saat ini diaktifkan di BIOS.

Jika itu menunjukkan sebaliknya (Disable) , Harus diaktifkan di BIOS. Jika Anda tidak melihat Virtual, CPU Anda tidak mendukung VT.

Pengguna Windows 7 / Vista

SecurAble adalah program kecil yang digunakan untuk mengidentifikasi model prosesor Intel dan AMD. Ini juga menyediakan dukungan virtual perangkat keras. Perangkat lunak ini mendukung Windows 7 dan Windows Vista.

Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menjalankan aplikasi SecurAble. Download SecurAble disini.

Jika dilihat Yes Pada Realitas virtual perangkat keras, Itu berarti PC mendukung realitas virtual.

Bagi yang belum enable, silahkan lanjutkan dengan mengikuti petunjuk cara mengaktifkan VT di BIOS berikut ini.

Cara mengaktifkan Intel VT-x atau AMD-V di BIOS

Beberapa program, seperti emulator Android, perlu mengaktifkan VT agar berjalan dengan lancar di PC. Biasanya 99% stuck jika tidak diaktifkan. Nah, bagi yang ingin mengetahui cara mengaktifkan virtualization bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Aktifkan VT melalui pengaturan Windows

Jika Anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan. Sama seperti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 Klik tab START Kemudian pilih Setting lalu Update and Security.
Pengaturan peningkatan keamanan


Langkah 2 Pilih Berikutnya Recovery di bagian kiri dan dibagian Advanced Startup, klik Restart Now Seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar. 
Mulai tingkat lanjut

Langkah 3 Sekarang tunggu proses restart, jika sudah selesai akan muncul banyak pilihan Lanjutkan, Tembakan masalah Dan Matikan komputer Anda. Silahkan pilih Troubleshoot
Opsi pemecahan masalah

Langkah 4 Ada opsi di halaman Troubleshoot ada  pilihan Reset this PC dan Advanced Options. Nah, Anda harus memilih Advanced options.
Opsi lanjutan

Langkah 5 Setelah halaman Advanced options terbuka, silakan pilih UEFI Firmware Settings Dan kemudian klik Restart.
Pengaturan Firmware UEFI

Langkah 6 Jika sudah masuk ke BIOS, ubah pengaturannya Intel Virtualization Technology dari Disabled menjadi Enable..

Setelah Anda mengaktifkannya, silakan klik F10 Untuk menyimpan perubahan. Silakan lihat deskripsi di bawah atau di bawah untuk menyimpan dan me-restart PC Anda.

Teknologi Virtual Intel


Catatan Model motherboard yang berbeda mungkin menggunakan nama VT yang berbeda, beberapa yang umum Intel(R) Virtualization Technology, Virtual, Virtualization, VT-X.

Mengaktifkan VT melalui BIOS

Setiap produsen motherboard atau produsen laptop memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke BIOS. Anda perlu mengetahui Google dengan mengetikkan kata kunci seperti BIOS Lenovo, Acer, Sony, HP, Dell, ASUS dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan model laptop atau desktop Anda.

Laptop Merk Lenovo

Matikan laptop lenovo anda dan hidupkan kembali, maka anda perlu cepat menekan tombol F1 Atau F2 Atau Fn + F2. Silakan pilih yang kompatibel dengan PC atau laptop Anda.


Intel Virtual oleh Lenovo Bios


Pilih setelah masuk ke BIOS Configuration >> Intel Virtual Technology lalu ubah menjadi Enabled. Jika sudah tekan tombol F10 untuk menyimpan.


Untuk pengguna Lenovo dengan chipset AMDSilahkan masuk Mempersiapkan>> Dukungan SVM >> Diaktifkan.

Laptop Merk HP

Aktifkan VT di Bios HP

Silahkan restart HP laptop atau PC anda, lalu langsung tekan tombol ESC Atau F10 Untuk masuk ke BIOS.

Setelah itu silahkan cek settingan VT, mungkin settingnya mungkin berbeda. Silakan lihat salah satu dari berikut ini.

Pertama: Advanced - System Options Selanjutnya, aktifkan Virtualization VTX dan Virtualization Technology VTD, lalu tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.

Kedua: Security → System Security → Virtualization Technology (VTX/VTD) lalu pilih "Diaktifkan" dan terakhir tekan F10.

Ketiga: Advanced Chipset → Virtualization Technology "Disabled" Beralih ke "Enabled". Setelah itu Save Untuk menyimpan perubahan.

Laptop Merk Asus

Aktifkan VT di ASUS

Saat PC dinyalakan, tekan tombol berulang kali F2 Atau coba gunakan tombol Del/Insert/F10 untuk masuk ke BIOS.

Selanjutnya, tekan tombol panah kanan (jika tidak terjadi apa-apa, tekan F7) Dan pergi ke "Advanced" CPU "CPU Configuration" → "Virtualization Technology" → "Enabled" Tekan F10 untuk menyimpan dan mengatur ulang pengaturan. Jika tidak ada opsi teknologi virtual, coba SVM atau VT-X.

Laptop Merk Asus

Mengaktifkan VT di laptop ACER


Bagi pengguna PC atau Laptop, coba cara berikut dari Acer. Restart dulu, lalu tekan tombol dengan cepat F2 Atau Delete pada keyboard.

Jika berhasil masuk ke BIOS, langkah selanjutnya tekan tombol panah kanan Masuk ke menu "Configuration" Pilih "Intel Virtualization Technology" dan ubah menjadi "Enabled" Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan. Silakan pilih pengguna ACER dengan chipset AMD SVM.

Laptop Merk Dell

Virtualisasi Laptop Dell

Untuk menghidupkan BIOS pada laptop DLL, silahkan matikan, lalu hidupkan kembali, dan tekan tombol berulang kali setelah layar menyala. F2 Atau tombol F1 / F12 / Delete untuk masuk ke BIOS. Instal untuk model lama CTRL + ALT + ENTER atau hapus Atau Fn + ESC Atau Fn + F1.

Kemudian cari dan aktifkan opsi VT di BIOS, tetapi setiap motherboard akan memiliki tampilan BIOS yang berbeda dan nama VT, Virtual, SVM, Virtual, Intel (R) Virtual Technology dan VT-X.

Langkah pertama: Masuk ke BIOS SETUP → "Virtual" "Virtualization", pilih "Enabled" Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan.


Cara kedua: Di bawah tab "Advanced", klik "Virtual" → "Disabled" ke "Enabled" Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan.


Cara ketiga: Di bawah tab "Konfigurasi", alihkan "Intel Virtual Technology" Nonaktifkan "Disabled" ke "Enabled" Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan.

Laptop Merk Toshiba

Nyalakan ulang komputer Anda dan kemudian akses BIOS dengan menekannya berulang kali setelah boot F2 / F1 / ESC Untuk mengakses BIOS.


Selanjutnya, cari pengaturan dan aktifkan VT dengan membuka tab Unggul Kemudian pilih Teknologi Virtual Atau SVM Kemudian pilih Diaktifkan Klik Berikutnya F10.


Untuk pengguna PC atau laptop merk lain silahkan sesuaikan cara diatas.

Pengalaman Menggunakan VT

Jika komputer Anda menjalankan sistem operasi Windows 64-bit, Anda harus mengaktifkan VT. Meskipun sistem operasinya 32-bit, Intel VT-x atau AMD-V tidak diperlukan. Namun, menurut pengalaman saya, prosesor yang tidak memiliki teknologi virtualisasi memberikan kinerja yang lambat. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda memiliki prosesor yang mendukung virtualisasi.

Bagi yang ingin memainkan game Android di PC menggunakan emulator, Anda perlu mengaktifkan fitur Teknologi Virtualisasi ini. Biasanya emulator tidak bisa dibuka, hanya sampai 99% yang terpasang.

Ini adalah panduan tentang cara memindai dan mengaktifkan virtualware di Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11. Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share