Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10 Mudah dan Cepat

"Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10 Mudah dan Cepat"

9 min read

DOWNGRADE WINDOWS 11
Sejak munculnya Windows 11, banyak orang menantikan untuk memperbarui perangkat Windows 10 mereka. Namun, ada beberapa pengguna yang benar-benar kesal setelah mencobanya.

Dan jika Anda salah satu pengguna yang berniat untuk kembali ke Windows 10, panduan berikut ini cocok untuk Anda. Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara mendowngrade versi Windows 11 ke Windows 10.

Ada banyak alasan mengapa banyak pengguna ingin menurunkan versi Windows mereka. Mungkin itu kesalahan, tidak menyukai antarmuka Windows baru atau program yang Anda gunakan secara teratur tidak berfungsi dengan baik. Apa pun alasannya, panduan ini akan membantu Anda mempelajari cara memulihkan instalasi Windows 11 Anda ke Windows 10.

Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10

Ada dua cara untuk Downgrade Windows versi 10. Kedua metode bekerja dalam situasi yang berbeda. Metode pertama memiliki persyaratan tertentu yang harus diikuti untuk proses Downgrade.

Downgrade Melalui Settingan Windows

Cara ini hanya berfungsi jika Anda sudah melakukan update ke Windows 11 melalui Update Manager dan belum menghapus file Windows.old.

Jika Anda baru saja memperbarui Windows 10, Anda mungkin akan memiliki file cadangan. Ini dirancang untuk memulihkan pembaruan secara otomatis jika ada kesalahan. Fungsionalitas yang sama akan digunakan bahkan jika Anda memperbarui ke Windows 11. Jadi, lihat cara menggunakan file cadangan untuk memulihkan ke Windows 10.

  1. Buka menunya Pengaturan Dan pilih pembaruan Windows.
  2. Klik Berikutnya Advanced options Kemudian pilih Recovery.
    Opsi Lanjutan Windows
  3. Anda sekarang akan memiliki opsi untuk kembali ke versi Windows sebelumnya. 
  4. Klik tombol Go Back Yang berikutnya dimulai dengan "Getting Things Ready" dan menanyakan mengapa Anda ingin kembali ke versi sebelumnya. Pilih salah satu opsi yang disediakan dan baru kemudian kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
    Opsi Kembali Windows 10
  5. Kemudian menanyakan apakah Anda ingin memeriksa perbaikan, cukup klik No Dan lanjutkan.
  6. Itu dimulai setelah itu Restore ke Versi Windows 10 yang diinstal sebelumnya.
  7. Sistem Anda akan restart dan proses pemulihan akan segera dimulai.
  8. Proses pemulihan mungkin memakan waktu 30 hingga 45 menit. Kecepatan drive penyimpanan tergantung pada sejumlah faktor.
  9. Setelah selesai, layar startup Windows 10 akan muncul dan meminta Anda untuk masuk.


Catatan: Cara ini hanya dapat dilakukan jika Anda telah melakukannya dalam 10 hari setelah menginstal Windows 11 kecuali Anda telah menghapus file instalasi sebelumnya. Jika Anda sudah menghapus file instalasi Windows 10, gunakan cara kedua.

Menggunakan file ISO Windows 10

bagi pengguna yang telah melakukan clean install Windows 11 atau menghapus file instalasi Windows 10 atau selama lebih dari 10 hari setelah menginstal Windows 11 untuk memberi ruang dan meningkatkan kinerja Windows 11.

Apa pun masalahnya, anda dapat menggunakan metode ini untuk downgrade ke Windows 10 tanpa masalah. Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengunduh file ISO Windows 10 dari Windows 11.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengunduh Windows 11 ke Windows 10 menggunakan file ISO, silakan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Unduh file ISO Windows 10 dari Microsoft. Download disini 
  2. Setelah diunduh, buat drive yang dapat di-boot untuk menginstal Windows 10.
  3. Setelah itu Cukup restart sistem dengan USB bootable.
  4. Setelah sistem dimulai ulang, tekan tombol F8, F10 atau F12 Untuk menginstal Windows 10, masuk ke menu Start.
  5. Sekarang Anda akan diminta untuk memilih versi Windows 10 yang akan diinstal.
  6. Selanjutnya, akan ada pilihan opsi nomor 2 Atau Costum: Install Windows only (advanced). Pilih salah satu yang cocok untuk Anda.
    Instal Windows 10 Bersih
  7. Pilih partisi Untuk menginstal Windows 10, ini akan menghapus semua data dari drive.
    Partisi Windows 10
  8. Proses instalasi untuk Windows 10 akan dimulai. Anda nantinya akan diminta untuk menetapkan nama untuk sistem Anda, menyambungkan ke Internet dan memeriksa pembaruan, dan bahkan masuk dengan akun Microsoft.
  9. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan dan instalasi selesai.
  10. Sekarang akan melakukan beberapa penyelesaian dan kemudian dibawa langsung ke desktop Windows 10 Anda.


Demikianlag Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10 Mudah dan Cepat. Jika Anda ingin menginstal versi Windows apa pun di komputer Anda, Anda dapat mengikuti metode ini.

Kesimpulan

Pastikan Anda memiliki opsi untuk memilih bootable USB di menu BIOS. Untuk melakukan ini, cukup masuk ke menu BIOS, tekan tombol fungsi F2 atau Del (tergantung pada sistem) dan pilih USB yang dapat di-boot.

Kemudian, setelah masuk ke menu Advanced Startup, Anda dapat memilih Advanced Options dan memilih Install Windows from DVD atau USB Installation. Layar konfigurasi Windows 10 standar akan muncul dan memulai instalasi.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share